29 Maret, 2013

Sejarah Musik Alternative Rock




Alternative rock, disebut juga musik alternatif atau hanya alternatif adalah aliran musik rock yang muncul pada tahun 1980-an dan menjadi sangat populer di tahun 1990. Nama “alternatif” ditemukan pada tahun 1980 untuk mendeskripsikan band-band punk rock yang tidak sesuai dengan aliran punk rock pada masanya. Musik Alternative ialah sebuah istilah untuk aliran atau warna musik baru, dalam hal ini mereka atau para penganut warna musik ini mencoba untuk keluar dari pakem mainstreem musik yang telah ada, seperti jazz, rock, pop, dan lain sebagainya.

Sehingga, jika akar musiknya rock, maka itu dinamakan alternative rock, jika musik jazz, dinamakan alternative jazz, begitu pula dengan akar musik lainnya. Sebut saja seperti Nirvana, Pearl Jam, Radiohead, Stone Temple Pilots, Live, dan lain sebagainya, mereka ialah salah satu dedengkot dari alternative rock. Alternative jazz misalnya seperti Jamiroquai.

Mereka mencoba membuat sesuatu yang baru dan berbeda dari apa yang selama ini sudah ada, tanpa merasa terkotak-kotak dari genre musik yang sudah ada tersebut. Mereka menciptakan suatu komposisi, lagu ataupun irama seperti apa yang keluar dari benak mereka, tanpa harus ada pengekangangan pada salah satu genre tertentu. Tema-tema lagu yang sering mereka angkat kebanyakan dari refleksi sosial, anti kemapanan, dan masalah yang berhubungan dengan lingkungan yang ada di sekitar mereka.

Istilah Alternative sendiri mulai banyak di gunakan atau di kenal di kalangan luas pada era 90-an. Hal ini terlihat dari penambahan istilah pada kategori untuk musik alternatif pada perhelatan besar semacam penghargaan musik Grammy Award atau Penghargaan Musik Video MTV.

Lambat laun, seiring dengan berkembangnya waktu dan zaman, aliran musik alternative ini mengalami evolusi dan berkembang menjadi beberapa genre, seperti yang terlihat sekarang ini.

Sebagian Referensi dari:
http://siradel.blogspot.com
http://rapendik.com

1 komentar: